Mekanik Elektrical atau lebih dikenal dengan istilah ME

Sistem Mekanikal Elektrical (ME) Suatu Gedung

Bangunan suatu gedung terdiri dari 3 bagian penting. yaitu Arsitektur, Struktur dan Mekanikal Elektrical (ME). Seindah apapun bangunan jika tidak ditunjang dengan sistem elektrical maka bangunan tersebut tidak ada fungsinya.

Jadi sangat jelas antara ketiga komponen dalam suatu gedung saling terkait satu sama lain. Dengan demikian sistem Mekanikal Elektrical termasuk salah satu komponen penting. Jadi maksudnya, bangunan yang telah dirancang akhirnya harus dipakai dan dinikmati. Untuk itu suatu bangunan harus dilengkapi dengan prasarana yang memadai yang sesuai dengan kebutuhan, seperti rumah sakit, mall, perkantoran, bank, hotel dll.

1. Sistem Mekanical Elektrical yang sering digunakan pada suatu gedung

Sistem Mekanikal Elektrical suatu gedung/bangunan sangat tergantung maksud suatu gedung itu dibangun. Mekanikal Elektrical suatu gedung perkantoran mempunyai perbedaan dengan gedung rumah sakit,atau bandara. Tetapi secara prinsip mempunyai berbagai persamaan.

Pada umumnya sistem Mekanik Elektrical yang sering digunakan dalam suatu gedung/bangunan, diantaranya :

    1. Sistem Pemadam Kebakaran
    2. Sistem Lift,elevator dan eskalator
    3. Sistem Tata Udara
    4. Sistem Suara (sound system)
    5. Sistem Telephone dan Data
    6. Sistem MATV
    7. Sistem CCTV
    8. Securty System
    9. Sistem penangkal petir
  10. Sistem fire alarm
  11. BAS (Building Automatic System), Sistem ini digunakan untuk mengontrol suatu system diatas tersebut, terutama menyalakan dan mematikan AC (AHU & FAN) atau panel listrik secara automatic. Tetapi sistem ini masih jarang digunakan pada kebanyakan gedung. Sehingga yang utama digunakan dalam suatu gedung adalah ke-10 sistem tersebut.

2. Sistem Mekanikal Elektrical (ME) khusus suatu gedung
Maksud dan fungsi utama dari suatu gedung menjadi landasan dasar dalam menentukan sistem khusus Mekanik Elektrical dalam suatu gedung/bangunan. Gedung Rumah Sakit misalnya akan mempunyai sistem yang khusus yang digunakan digedung tersebut yang tidak digunakan digedung lain. Demikian juga hotel atau mall/plaza.
Salah satu sistem kekhususan yang ada dirumah sakit diantaranya adalah sistem instalasi gas (oksigen), disamping sistem ipal-nya juga harus mempunyai sistem penanganan khusus, sedang yang ada dimall atau plaza sistem yang khususnya misalnya sistem gas untuk food court.

Disamping itu dalam menentukan suatu sistem pun sangat tergantung pada maksud dan tujuan gedung itu sendiri. Misal untuk sistem AC, sistemnya akan berbeda, jika hanya untuk perkantoran biasanya menggunakan sistem AC Split. Sedangkan untuk bandara atau mall dalam skala besar biasanya digunakan sistem AC terpusat.

Demikian penjelasan yang bisa saya berikan tentang Mekanikal Elektrical Semoga bermanfaat.

Jika ada pertanyaan, saran dan koreksi silahkan diungkapkan di kolom komentar.



By alfath77

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian MEP. Apa sih MEP itu?

Pengertian Shop Drawing. Apa itu shop drawing